Sekilas Tentang HTML 5

Sekilas Tentang HTML 5


HTML5 adalah bahasa markup yang digunakan untuk penataan dan penyajian konten untuk World Wide Web dan teknologi inti dari Internet . Ini adalah revisi kelima dari HTML standar (dibuat pada tahun 1990 dan distandarisasi sebagai HTML 4 per 1997)  dan, pada Desember 2012 , adalah rekomendasi kandidat dari World Wide Web Consortium (W3C).  Tujuan utamanya telah meningkatkan bahasa dengan dukungan untuk multimedia terbaru sambil menjaga mudah dibaca oleh manusia dan secara konsisten dimengerti oleh komputer dan perangkat ( web browser , parser , dll). HTML5 dimaksudkan untuk menggolongkan tidak hanya HTML 4 , tetapi juga XHTML 1 dan DOM Level 2 HTML .



Hal yang Baru pada HTML5

Pada awalnya untuk membuat layout sebuah web kita menggunakan <div id='header'> untuk header, <div id='main-content'> untuk artikel, <div id='sidebar'> untuk sidebar, dan <div id='footer'> untuk footer. Gambarannya seperti ini :



Dengan menggunakan HTML5 maka struktur tersebut menjadi <header>, <article>, <aside> dan <footer>. Untuk merubah tampilan, tambahkan id dan ubah CSSnya, <header id='header'>.



Keuntungan dari struktur diatas dengan menggunakan semantik HTML5 akan memudahkan mesin pencari untuk menelusuri bagian mana saja dari sebuah blog/website. Dengan struktur yang mudah difahami oleh mesin pencari, tentunya akan mempunyai pengaruh terhadap SEO itu sendiri.


tag:  HTML5  - Sekilas Tentang HTML5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar